Nasional

Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Weslah Jangan Angkat Isu yang Enggak Jelas

Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Weslah Jangan Angkat Isu yang Enggak Jelas
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hidayatullah.com– Masyarakat dibuat geger kasus puluhan karung berisi surat suara sebagian sudah tercoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, di Selangor, Malaysia.

Sejumlah video yang memperlihatkan kasus tersebut menjadi viral di media sosial, Kamis (11/04/2019). Kasus ini menjadi perbincangan hangat. Pasalnya pula, pemilihan di kota-kota Malaysia baru digelar pada Ahad (14/04/2019).

Merespons kasus tersebut, capres petahan Joko Widodo (Jokowi), meminta lebih dulu mengecek kebenarannya. Apabila terdapat pelanggaran, ia mempersilakan melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Ya dicek sajalah. Kalau itu bener dan itu merupakan pelanggaran laporkan aja ke Bawaslu. Mekanismenya jelas kok,” sebut Jokowi di sela-sela kampanye terbukanya di Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (11/04/2019).

Baca juga: Gambar Jokowi Tercoblos Trending Topic di Medsos

Jokowi berpendapat, tidak perlu mengangkat isu-isu yang disebut “tidak jelas”. “Weslah jangan diangkat isu-isu yang enggak jelas-enggak jelas lah,” ungkapnya kutip Viva sekitar pukul 16:00 WIB.

Kasus ini telah dilaporkan kepada kepolisian setempat. Petugas sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian.

Merespons tanggapan Jokowi soal “isu tidak jelas”, warganet malah mempertanyakan balik pernyataan itu. Misalnya Syaefullah Hamid, seorang pengacara di Jakarta, yang mengatakan bahwa Bawaslu telah membenarkan adanya surat surat tercoblos Jokowi tersebut.

“Bawaslu bilang benar, bukan hoax, kenapa Pak @jokowi malah bilang itu isu tidak jelas…?” ungkapnya lewat akunnya di Twitter, @SyaefullahHamid, berdasarkan pantauan hidayatullah.com Kamis sore.

Sebelumnya beredar secara viral sejumlah video di media sosial penemuan surat suara tercoblos untuk paslon capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Pihak Bawaslu diketahui telah mengonfirmasi kebenaran video itu.

Dalam sejumlah video yang viral dipantau hidayatullah.com pada Kamis (11/04/2019), beredar penemuan belasan karung surat suara di Selangor, Malaysia. Terlihat surat suara telah tercoblos untuk Jokowi-Ma’ruf dan Partai Nasdem.

Baca juga: Viral Video Surat Suara Tercoblos untuk Capres 01 di Malaysia

Informasi dihimpun, Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di sana mendapati langsung temuan ini dan melapor ke Panwaslu.

Untuk diketahui, pencoblosan di TPS yang ada di kota-kota di Malaysia baru akan dilakukan pada Ahad (14/04/2019) mendatang.

Dalam video beredar, surat suara itu dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam. Kantong-kantong itu diletakkan di sebuah ruko yang ada di Bangi, Selangor.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan usai beredar video tersebut.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengonfirmasi kebenaran video itu. Ia menyebut surat suara itu ditemukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar