Nasional

Panwaslu Kuala Lumpur Temukan 2 Lokasi Surat Suara Tercoblos Jokowi

Panwaslu Kuala Lumpur Temukan 2 Lokasi Surat Suara Tercoblos Jokowi
istimewa
Video surat suara tercoblos Jokowi-Ma'ruf di Malaysia.

Hidayatullah.com– Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) Kuala Lumpur mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan dua lokasi di Malaysia yang terdapat surat suara Pemilu 2019 sudah tercoblos untuk pasangan capres-cawapres 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana membeberkan, lokasi pertama yang ditemukan beralamat di Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor, Malaysia.

Tempat tersebut, jelasnya, merupakan sebuah lot toko yang sudah dipenuhi dengan surat suara yang berada di dalam bag diplomatik sebanyak kurang lebih 20 buah, 10 kantong plastik hitam, dan kurang lebih 5 karung goni berwarna putih dengan tulisan Pos Malaysia.

“Diperkirakan jumlah susu (surat suara, Red) yang berada di lokasi pertama sejumlah 10-20 ribu buah dan jumlah yang kurang lebih sama juga berada di lokasi kedua,” ungkapnya di Kuala Lumpur, Kamis (11/04/2019) dalam siaran persnya diterima hidayatullah.com malam ini.

Baca juga: Gambar Jokowi Tercoblos Trending Topic di Medsos

Berdasarkan sampel yang dibuka di lokasi, terang Yaza, semua surat suara telah dicoblos pada paslon 01.

“Untuk surat suara legislatif sudah dicoblos (untuk) Partai Nasdem dengan caleg Nasdem DPR RI no urut 3,” imbuhnya.

Panwaslu Kuala Lumpur mendatangi lokasi tersebut sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Sedangkan lokasi kedua ditemukannya surat suara tercoblos capres-cawapres 01 berada di sebuah rumah di kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor, sekitar 15 menit perjalanan dari lokasi pertama.

Baca: Surat Suara Tercoblos Jokowi, Bawaslu: Kecurangan Terstruktur, Sistematis, Masif

“Pukul 17.00 Panwaslu KL tiba di lokasi kedua dan langsung menuju ke lokasi penyimpanan susu (surat suara, Red), kali ini ditemukan sejumlah 158 karung dengan bobot susu sebanyak 216-230 per karungnya. Kali ini surat suara yang dicoblos yaitu capres 01 dengan caleg DKI Dapil 2 Nasdem No 2. Terdapat juga beberapa lembar susu tercoblos caleg Demokrat nomor urut 3,” ungkapnya.

Dengan demikian, jelasnya, jumlah keseluruhan surat suara di dua lokasi berjumlah 40-50 ribu surat suara.

Ia mengatakan, pada pukul 15.00 Panwaslu Kuala Lumpur pergi ke Balai Polis Sungai Tangkas untuk membuat laporan kepolisian terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu tersebut.

“Saat ini laporan sudah diterima oleh pihak kepolisian Sungai Tangkas dan sedang dalam tahap pemeriksaan,” jelasnya.

Baca: Viral Video Surat Suara Tercoblos untuk Capres 01 di Malaysia

Sebelumnya, masyarakat dibuat geger kasus puluhan karung berisi surat suara sebagian sudah tercoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, di Selangor, Malaysia.

Sejumlah video yang memperlihatkan kasus tersebut menjadi viral di media sosial, Kamis (11/04/2019). Kasus ini menjadi perbincangan hangat. Pasalnya pula, pemilihan di kota-kota Malaysia baru digelar pada Ahad (14/04/2019).

Merespons kasus tersebut, capres petahan Joko Widodo (Jokowi), meminta lebih dulu mengecek kebenarannya. Apabila terdapat pelanggaran, ia mempersilakan melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca: Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Weslah Jangan Angkat Isu yang Enggak Jelas

“Ya dicek sajalah. Kalau itu bener dan itu merupakan pelanggaran laporkan aja ke Bawaslu. Mekanismenya jelas kok,” sebut Jokowi di sela-sela kampanye terbukanya di Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (11/04/2019).

Jokowi berpendapat, tidak perlu mengangkat isu-isu yang disebut “tidak jelas”. “Weslah jangan diangkat isu-isu yang enggak jelas-enggak jelas lah,” ungkapnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar