Nasional
Dompet Dakwah Media

Ribuan Orang Iringi Pemakaman Prof Yunahar di Yogyakarta

Ribuan Orang Iringi Pemakaman Prof Yunahar di Yogyakarta
Twitter Muhammadiyah

Hidayatullah.com– Ribuan orang mengikuti prosesi pemakaman jenazah Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Yunahar Ilyas di Kompleks Pemakaman Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Jumat (03/01/2020).

Dalam kompleks pemakaman itu juga terdapat makam pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan yang lokasinya tidak jauh dari pusara Yunahar.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam prosesi pemakaman itu, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Din Syamsuddin, serta Ketua Bidang Wakaf PP Muhammadiyah Goodwill Zubir.

Baca: Anwar Abbas: Buya Yunahar Ulama yang Tegas, Lurus, Tulus

Prosesi pemakaman berlangsung selama setengah jam dimulai dari pukul 13.23 WIB yang kemudian diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Sekretaris Jenderal MUI Ustadz Zaitun Rasmin.

Prof Din yang ditemui seusai pemakaman mengatakan bahwa kepergian Yunahar merupakan kehilangan bagi seluruh umat Islam.

“Tidak hanya keluarga besar Muhammadiyah, MUI, tetapi juga dunia Islam,” ungkap Din kutip Antaranews.

Baca: Wapres KH Ma’ruf Amin Mengenang Prof Yunahar Pemersatu Umat

Din menilai, Yunahar merupakan sosok ulama yang mempunyai pengetahuan keagamaan luas, termasuk pengetahuan kehidupan tentang keumatan dan kebangsaan. Ia menilai Yunahar seorang ulama yang tawadhu.

Beliau hingga akhir hayatnya saya ketahui dari jarak dekat tetap istiqamah berada di jalan Allah,” ungkapnya.

Sebelum meninggal, Yunahar Ilyas mengalami sakit komplikasi diabetes. Ia sempat dirawat di PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebelum akhirnya dirujuk ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Rencananya, Yunahar dijadwalkan menjalani operasi cangkok ginjal di RSUP Dr Sardjito. Operasi belum berjalan, Yunahar wafat pada Kamis (02/01/2020), pukul 23.47 WIB di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Jenazah Yunahar sempat disemayamkan di PP Muhammadiyah lalu dibawa ke Masjid Gedhe Kauman pada 10.30 WIB, hingga dimakamkan di kompleks pemakaman Karangkajen, Yogyakarta.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Rumah Wakaf