Palestina Terkini

12 Orang Gugur Ditembak Zionis dalam Aksi Bela Baitul Maqdis

12 Orang Gugur Ditembak Zionis dalam Aksi Bela Baitul Maqdis
AFP
Pemuda Palestina memegang bendera sambil berjalan dalam kepulan dari ban yang dibakar selama bentrokan dengan pasukan penjajah di sepanjang perbatasan Jalur Gaza, Senin, 14 Mei 2018

Hidayatullah.com–Dua belas orang Palestina gugur oleh tembakan Israel di perbatasan Gaza Senin, kementerian kesehatan Gaza mengatakan, saat protes massal dan bentrokan meletus terhadap pengalihan kedutaan AS ke Yarusalem (Baitul Maqdis).

Arab News melansir, ke-12 orang itu, termasuk seorang bocah berusia 14 tahun, tewas ketika bentrokan besar meletus di perbatasan antara orang-orang Palestina yang melempari batu yang berusaha merusak pagar dan penembak jitu Israel. Ribuan orang lainnya melakukan protes di dekat perbatasan.

Israel sebelumnya memperingatkan warga Gaza bahwa mereka akan mempertaruhkan hidup mereka jika mereka mendekati perbatasan selama demonstrasi massal yang direncanakan.

Baca: Pembukaan Kedutaan AS di Al Quds Pukul 4 Sore Waktu Setempat Hari Ini

Tentara mengatakan dalam selebaran yang dijatuhkan oleh jet Senin bahwa itu akan “bertindak melawan setiap upaya untuk merusak pagar keamanan atau membahayakan tentara IDF atau warga sipil Israel.”

Baca: Jumlah Korban Gugur oleh Sniper Zionis di Gaza menjadi 40 Orang

Hamas yang berkuasa di Gaza mengatakan mereka mengharapkan puluhan ribu orang bergabung dalam pawai Senin, menunjukkan kemungkinan pelanggaran perbatasan.

Pawai itu adalah bagian dari kampanye untuk menghancurkan blokade perbatasan satu dasawarsa di Gaza. Ini juga merupakan protes terhadap peresmian Senin dari Kedutaan Besar AS di Yerusalem (Baitul Maqdis).

Sejak Maret, 42 demonstran Palestina telah gugur dan lebih dari 1,800 terluka oleh tembakan tentara Israel.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH