Palestina Terkini

60.000 Keluarga Gaza dapat Bantuan Tunai dari Qatar

60.000 Keluarga Gaza dapat Bantuan Tunai dari Qatar
AFP
Warga Palestina mengantre di luar kantor pos di Kota Gaza menunggu bantuan Qatar.

Hidayatullah.com– Sebanyak 60.000 keluarga di Gaza, Palestina, dapat bantuan tunai dari Qatar. Negeri kaya ini membagikan masing-masing keluarga sebanyak US $ 100 (Rp. 1.400.000) pada Kamis (20/6), menurut kantor berita AFP.

Ini adalah bagian dari kesepahaman dengan penjajah ‘Israel’ yang bertujuan memulihkan perdamaian di permukiman Palestina yang diduduki.

Di bawah perjanjian tersebut, Qatar yang kaya gas akan melakukan pembayaran rutin kepada keluarga miskin sebagai bagian dari gencatan senjata yang disepakati antara ‘Israel’ dan penguasa Gaza, Hamas, pada November.

Perwakilan Qatar, Mohammed al-Emadi, mengatakan bahwa 60.000 keluarga akan menerima distribusi pengangkutan terbaru melalui kantor pos, hari Rabu.

Negara Teluk, sekutu lama Hamas, sebelumnya mengatakan pencairan akan mencapai 100.000 keluarga, tetapi Emadi mengubah angka itu pada hari Rabu, mengatakan $ 4 juta yang dihemat akan dialokasikan untuk “melaksanakan proyek berkelanjutan lainnya”.

Kepada kantor berita AFP, Emadi mengatakan bahwa ia telah membawa uang tunai $ 25 juta ke Gaza pada hari Ahad malam, tetapi “masalah teknis” yang tidak ditentukan menunda distribusi dana bantuan.

Saldo uang akan dialokasikan untuk proyek-proyek bantuan termasuk skema upah untuk tugas-tugas yang dilakukan.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi di Gaza mengunggah tautan di situs webnya dimana keluarga Palestina dapat memeriksa apakah mereka telah dipilih untuk menerima tagihan $ 100 (Rp 1.400.000).

Walaupun gencatan senjata disepakati pada November lalu, perang akan segera tumpah lagi saat Hamas dengan sekutunya meluncurkan ratusan roket ke ‘Israel’. Tentara penjajah merespons dengan menyerang puluhan sasaran.*

Rep: Ahmad

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar