Kisah & Perjalanan

Sebuah Perpustakaan di Ankara Memberi Arti Buku Selalu Kekal

Sebuah Perpustakaan di Ankara Memberi Arti Buku Selalu Kekal
CNN

Hidayatullah.com–Para petugas kebersihan di Ibu Kota Ankara, Turki telah membuka sebuah perpustakaan umum yang seluruhnya terdiri dari buku-buku yang pernah ditakdirkan berada di tempat pembuangan sampah.

Perpustakaan itu, berlokasi di Distrik Çankaya di Ankara, didirikan setelah para petugas kebersihan mulai mengumpulkan buku-buku yang dibuang.

Selama berbulan-bulan, mereka mengumpulkan buku. Kisah itu kemudian menyebar, para penduduk juga mulai menyumbangkan buku secara langsung.

Baca: Perpustakaan” Usamah bin Ladin Sang Syuhada”

Pada awalnya, buku-buku tersebut hanya untuk dipinjamkan pada para petugas dan keluarga mereka. Namun saat koleksi semakin besar dan minat akan membaca menyebar di masyarakat, perpustakaan itu akhirnya dibuka untuk umum pada September tahun lalu.

“Kami mulai mendiskusikan ide menciptakan perpustakaan dari buku-buku ini. Dan ketika semua orang mendukungnya, jadilah proyek ini,” kata Wali Kota Çankaya Alper Tasdelen, pejabat pemerintah yang menghadiri acara pembukaan perpustakaan itu.

Hari ini, perpustakaan tersebut memiliki 6.000 buku mulai dari literatur hingga nonfiksi. Ada juga bagian anak-anak yang berisi komik dan sebuah bagian yang sepenuhnya berisikan penelitian ilmiah. Juga terdapat buku-buku berbahasa Inggris dan Prancis bagi para pengunjung bilingual.

Perpustakaan itu ditempatkan di bekas pabrik batu bata yang kosong di markas departemen sanitasi. Dengan pemandangan bata tua dan koridor-koridor panjang, ruangan itu sangat cocok untuk perpustakaan.

Perpustakaan yang berlokasi di Distrik Çankaya di Ankara, didirikan setelah petugas kebersihan mengumpulkan buku-buku yang dibuang (CNN)

Buku-buku dipinjamkan pada awalnya hanya selama dua minggu, yang dapat diperpanjang jika dibutuhkan, menurut laporan media.

“Di satu sisi, ada orang yang meninggalkan buku-buku ini di jalanan. Di sisi lain ada orang yang mencari buku-buku ini,” Tasdelen said.

Koleksinya semakin berkembang hingga perpustakaan tersebut saat ini meminjamkan buku-bukunya pada sekolah, tempat les dan bahkan penjara.

“Guru di sekolah-sekolah desa dari seluruh Turki ingin meminjam buku di perpustakaan ini,” Tasdelen mengatakan.

Baca: Ketika Pasukan Tartar Mejadikan Buku Para Ulama sebagai Tempat Penyebrangan

Pemerintah kota juga mempekerjakan seorang pegawai untuk mengelola perpustakaan tersebut.

Perpustakaan ini juga sering disinggahi oleh anak-anak pegawai pemerintah kota dan murid dari sekolah sekitar. Terdapat juga sebuah area bersantai bagi para pembaca dan papan catur bagi pengunjung. Perpustakaan ini popular khususnya di kalangan pesepeda yang bersepeda di lembah terdekat dan beristirahat untuk sekedar membaca atau minum teh.

“Sebelumnya, aku berharap aku mempunyai perpustakaan di rumahku. Sekarang kami mempunyai perpustakaan di sini,” Serhat Baytemur, seorang petugas kebersihan berumur 32 tahun, mengatakan pada media.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH