Hikmah

Sedekah 200 Dirham Dapat 2000 Dirham

Sedekah 200 Dirham Dapat 2000 Dirham

IMAM SHADRUDDIN BIN AL MURAHHIL adalah ulama besar Syafi’iyah Syam yang memimpun Darul Hadits Al Asyrafiyah kala itu. Suatu saat di malam hari raya ada seorang miskin yang meminta sedekah. Imam Shadruddin pun bertanya kepada muridnya Al Hafidz Syihabuddin Al Asjadi,”Engkau membawa berapa?”

Al Asjadi menyampaikan,”dua ratus dirham”. Sang guru pun membalas, “berikan kepada orang fakir ini”. Al Asjadi pun terheran dengan perintah sang guru,”Wahai tuan, ini adalah malam hari raya, apa yang kita belanjakan di esok hari?”

Imam Shadruddin pun menjawab,”Datanglah ke Qadhi Karimuddin Al Kabir, sampaikan kepadanya bahwa aku mengucapkan selamat hari raya untuknya”.

Akhirnya Al Hafidz Al Asjadi mengunjungi Qadhi Karimuddin dan menyampaikan pesan sang guru. Dan tanpa diminta sang qadhi menyodorkan uang sebesar 2000 dirham,”Berikan kepada Syeikh dan untukmu 300 dirham”.

Setelah Al Hafidz Al Asjadi kembali kepada sang guru dan menyerahkan dirham itu, beliau pun menyampaikan,”Telah benar apa yang disampaikan oleh Rasulullah Shalallallahu Alaihi Wasallam,’Kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat’ (HR Al Bukhari). Dua ratus dirham kini menjadi dua ribu”. (lihat, Thabaqat As Syafi’iyah Al Kubra, 9/257)

Rep: Sholah Salim

Editor: Thoriq

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Dompet Dakwah Media