Tazkiyatun Nafs

Bangunkan Sikap Positif Diri untuk Hilangkan Keresahan

Bangunkan Sikap Positif Diri untuk Hilangkan Keresahan
Ilustrasi/Suka menolong orang lain merupakan satu upaya membangun sikap positif,

ZIYAD adalah direktur utama sebuah perusahaan besar. Akhir-akhir ini beban tugas dan masalah keluarganya semakin bertambah. Dia tampak seperti mulai kehilangan keseimbangan dan berkembang ke arah negatif.

Ia tenggelam dalam reaksi-reaksi negatif yang mengganggu perasaan dan merusak kerjanya. Tetapi setelah mengikuti pelatihan tentang bagaimana unsur positif dalam kehidupan, akhirnya dia mendapatkan keseimbangan. Ia kemudian menambah waktu khusus untuk keluarganya, bisa duduk dan bermain-main dengan putrinya yang masih kecil. Ia juga bisa bebas membaca, berekreasi akhir pekan, dan sebagainya.

Seakan-akan keadaannya mengatakan, “Fokuslah terhadap unsur-unsur positif dalam hidup Anda. Jika Anda berpikir tentang diri Anda dan melihat keadaan hidup dan kondisi yang mengelilingi Anda, pasti Anda akan mendapatkan banyak sekali unsur positif.”

Tidak diragukan bahwa unsur-unsur positif bukanlah satu-satunya dalam hidup Anda, karena dalam hidup Anda juga ada unsur-unsur negatif. Unsur-unsur negatif tersebut akan menghilangkan sikap positif Anda, merampas kebahagiaan dan ketenangan batin Anda.

Bagi Anda yang bekerja dalam sebuah pekerjaan yang Anda senangi dan posisi Anda bagus di antara pekerja yang lain, tapi ada seorang teman yang tidak senang dengan posisi yang Anda raih dan selalu mengganggu Anda serta memburuk-burukkan Anda, apakah Anda akan membiarkan orang ini merampas sikap positif Anda terhadap pekerjaan Anda?

Jika Anda mengeluhkan penyakit yang sudah lama tidak mau hilang dari diri Anda, apakah Anda akan menyerah kepada penyakit ini, ataukah Anda akan berjuang melawannya dengan doa dan pengobatan, beradaptasi dengan penyakit tersebut, dan berusaha menjalani hidup Anda secara normal?

Bila Anda memiliki seorang anak yang tidak lancar dalam pelajaranya, kemudian Anda membimbing dan mendorongnya untuk meningkatkan prestasinya, tapi Anda melihat tidak ada perubahan yang lebih baik, apa yang akan Anda lakukan ? Apakah Anda akan membiarkan kekhawatiran Anda dan mengganggu kondisi psikologi Anda? Ataukah Anda akan menjaga sikap positif Anda dan berusaha dengan segenap kemampuan untuk meningkatkan prestasi anak Anda?

Carilah unsur-unsur positif dalam hidup Anda dan berusahalah untuk fokus. Di antara unsur-unsur tersebut adalah menyenangi kebaikan dan membantu orang lain, menjalankan ibadah pada waktunya, menjalankan kerja sebaik-baiknya dan fokus terhadap pekerjaan tersebut, meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga, melakukan hobi yang disenangi, berdiskusi dengan orang yang disenangi, dan sebagainya.*/Sudirman STAIL

Sumber buku: 10 Kebiasaan Manusia Sukses Tanpa Batas. Penulis: Dr. Ibrahim Hamd Al-Qu’ayyid.

Rep: Admin Hidcom

Editor: Syaiful Irwan

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH