Aksi Peduli

Dapat Sembako, Warga Lombok: Setidaknya Bisa Masak Buat Anak-Cucu

Dapat Sembako, Warga Lombok: Setidaknya Bisa Masak Buat Anak-Cucu
ykmi
Inaq Maryani (69 tahun), warga dari Lombok, NTB.

Hidayatullah.com– Tak bisa dipungkiri, kehidupan ekonomi banyak masyarakat Indonesia masih di bawah garis kemiskinan. Jangankan untuk memikirkan masa depan dengan prestasi gemilang, untuk makan sehari-sehari saja mereka masih kesusahan.

Sepenggal realita ini mungkin bisa jadi salah satu contoh fenomena tersebut.

Salah seorang warga, Inaq Maryani (69 tahun) dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) begitu senang dapat pembagian sembako.

Inag, seorang nenek berjilbab dan berkacamata ini, mengaku merasa dimudahkan dengan adanya program pendistribusian paket sembako dari sebuah yayasan. Kegiatan serupa memang banyak digelar berbagai kelompok dan lembaga selama Ramadhan, termasuk tahun 1440H/2019M ini.

“Setidaknya (sembako) ini bisa untuk memasak buat anak dan cucu,” kata Inaq.

Baca: Kerja Sama Program Ramadhan Bank Sulselbar Syariah dan BMH

Sebelumnya, Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia menyalurkan 2790 paket sembako Ramadhan bagi masyarakat yang membutuhkan. Pendistribusian sembako ini disebar di beberapa wilayah di seputar Indonesia, yakni, Aceh, Jakarta, Bogor, Depok, dan Lombok.

“Ini merupakan program rutin yang diadakan YKMI di tiap bulan Ramadhan. Pada program ini ribuan orang menerima manfaatnya mengingat daya beli masyarakat kurang mampu masih rendah sedangkan di lain sisi harga sembako mengalami kenaikan di saat bulan Ramadhan,” ujar manajer program di YKMI, Tatang Husaini, Senin (13/05/2019) dalam rilisnya kepada hidayatullah.com.

Menurut Tatang, pada tahun 2019 ini selain masyarakat miskin dan komunitas tuna netra, YKMI juga fokus menyalurkan sembako pada masyarakat yang terkena musibah gempa bumi di Lombok.

Baik itu Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Utara.

Baca: Anak-anak Ceria Sambut Ramadhan di Kalbar

“Di Lombok, kami juga membagikan keperluan anak-anak yatim seperti alat tulis, buku dan peralatan mandi. Sedangkan di masjid-masjid,, mushalla, madrasah, PAUD, dan TPQ, kami membagikan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak goreng, biskuit, susu, daging, buah, kurma, dan gula,” sebutnya.

Selain menyalurkan sembako, kegiatan buka puasa bersama dan pemberian zakat juga diselenggarakan oleh YKMI.

“Insya Allah, program Ramadhan ini akan berlangsung hingga tanggal 22 Mei 2019,” ungkap Tatang

Selama kegiatan ini YKMI bekerja sama dengan Kementerian Sosial, dan  sejumlah lembaga kemanusiaan: Muslime Helfen (Jerman), Innsamlingsteamet (Norwegia), dan Muslim Aid (Inggris).*

Rep: SKR

Editor:

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar