Ramadhan di Mancanegara

China Larang PNS, Pelajar dan Guru Muslim Berpuasa

China Larang PNS, Pelajar dan Guru Muslim Berpuasa
inquirer.net
Muslim Beijing usai melakukan tarawih di Masjis Niujie, salah satu masjid terbesar di Beijing

Hidayatullah.com—Rezim Komunis China melarang pegawai negeri sipil (PNS), pelajar dan guru Muslim di Xinjiang berpuasa dan melakukan ibadah Ramadhan lainnya.

“PNS dan pelajar tidak boleh berpuasa dan melakukan aktivitas keagamaan lainnya. Larangan ini untuk semua anggota partai (Partai Komunis), guru, dan pemuda,” tulis pemerintah China demikian dikurtip Al Arabiya, Rabu 2 Juli 2014.

Larangan lainnya disampaikan departemen cuaca di Kota Qaraqash, sebelah barat Xinjiang. Larangan berpuasa bukan hanya PNS yang masih bertugas, tapi juga pada pensiunan pegawai negara.

Situs internet salah satu kantor menyebutkan pegawai negeri tidak dapat “ikut serta berpuasa dan kegiatan keagamaan lainnya”.

Menurut pemerintah rezim, langkah diambil ketika pengamanan diperketat di wilayah-wilayah yang sering terjadi serangan dengan kekerasan.

Pemerintah memandang kelompok Islam Uighur bertanggung jawab, tetapi para pemimpin Klik Uighur menyangkal berada di belakang serangan tersebut.

Namun pegiat HAM menuduh Beijing membesar-besarkan ancaman kelompok Uighur sebagai alasan memberangus kebebasan beragama.

Situs internet Universitas TV dan Radio Bozhou milik pemerintah menyatakan larangan berpuasa berlaku bagi anggota partai, guru dan generasi muda.

“Kami mengingatkan semua pihak bahwa mereka tidak diizinkan berpuasa saat Ramadhan,” dikutip BBC.

Kantor cuaca di Xinjiang barat, seperti dilaporkan kantor berita AFP, menyatakan di situs internetnya bahwa larangan ini “sesuai dengan perintah atasan”.

Menurut BBC,kasus ini bukanlah untuk pertama kalinya China membatasi puasa di Xinjiang. Larangan ini adalah peringatan tahunan yang selalu dikeluarkan oleh pemerintah China kepada etnis minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.*

 

 

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar