Syiar Ramadhan

Kuatkan Tekad, Warga Balikpapan ini ‘Deklarasikan’ Komitmen Ramadhan

Kuatkan Tekad, Warga Balikpapan ini ‘Deklarasikan’ Komitmen Ramadhan
Usamah
Warga Teritip dan jamaah Masjid Ar-Riyadh di Kota Balikpapan, Kaltim, membubuhkan tanda tangan "deklarasi" komitmen Ramadhan 1438 H, Mei 2017.

Hidayatullah.com– Tak ingin Ramadhan berlalu begitu saja, ratusan warga Kelurahan Teritip dan jamaah Masjid Ar-Riyadh di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sepakat melakukan “deklarasi” Komitmen Ramadhan.

Komitmen untuk bermujahadah (sungguh-sungguh) selama menjalani bulan Ramadhan tersebut dituang warga dengan cara membubuhkan tanda tangan di atas spanduk berukuran 10×2 meter yang dibentang di depan masjid.

Acara yang dipelopori oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ar-Riyadh tersebut sebelumnya dirangkai dengan kegiatan Tarhib Ramadhan yang diadakan di tempat yang sama, baru-baru ini.

“Alhamdulillah, deklarasi tersebut sebagai ikhtiar dari jamaah untuk saling mengingatkan dan memaksimalkan kedatangan bulan puasa,” ucap Muzakkir Usman, salah seorang panitia Ramadhan.

Baca: Para Pelajar Ini Luncurkan Buku Pengalaman Menjadi “Relawan Ramadhan”

Dalam pantauan hidayatullah.com, spanduk yang tadinya masih kosong berwarna putih itu dalam sekejap dipenuhi ratusan tanda tangan jamaah masjid yang terletak di ujung timur Kota Balikpapan tersebut.

Bermodal spidol “permanent” warna biru dan hitam, mereka seolah berlomba memenuhi spanduk itu dengan mengukir komitmennya masing-masing.

“Alhamdulillah, awalnya saya sudah berjanji juga. Tapi rasanya deklarasi komitmen ini lebih menguatkan lagi tekad itu,” ucap Muslim, warga sekitar masjid.

Muslim mengaku, tak ada yang menyuruhnya untuk ikut menandatangani. Namun semata karena ingin mempermantap tekadnya beribadah selama bulan Ramadhan.

“Tidak ada yang suruh. Tidak juga ikut-ikutan,” urai Muslim singkat.

Baca: Tiga Misi agar Menjadi Pemenang di Palagan Ramadhan

Di bagian atas spanduk tampak isi deklarasi Komitmen Ramadhan yang berbunyi:

“Bismillahirrahmanirrahim. Saya yang bertanda tangan di bawah ini, berkomitmen untuk melaksanakan puasa, tilawah al-Qur’an, shalat lail, shalat nawafil, infaq selama Ramadhan, dengan penuh semangat dan ikhlas untuk mengharap ridha Allah dan surga-Nya.”*

Rep: Masykur Abu Jaulah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar