Hidcompedia
Dompet Dakwah Media

Mengurai Makna Habib

Mengurai Makna Habib
skr/hidayatullah.com
(Kiri ke kanan) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Presiden PKS Sohibul Iman, dan Wagub Sandiaga Uno, dalam acara Tausiyah Kebangsaan di Lapangan Medan Merdeka Monas, Jakarta, Ahad (26/11/2017) malam Senin.

Hidayatullah.com | MENARIK, beberapa tahun terakhir kata ini cukup marak di Indonesia. Kata ini sudah menjadi bahasa Indonesia yang bermakna; (1) yang dicintai; kekasih; (2) panggilan kepada orang Arab yang berarti tuan; panggilan kepada orang yang bergelar sayid (KBBI), kata ini berasal dari bahasa Arab yang bermakna kekasih.

Dalam tulisan ini, saya akan mengkaji kata Habib secara leksikal, tidak terkait dengan sebuah gelar, kehormatan, laqab, atau sebutan pada seseorang.  Habib dalam Kamus Ma’ani adalah sifat mushabbahah (sifat yang tetap, yang tidak terkait dengan waktu, dan juga jenis musytaq yang diambil dari kata lain). Habib dari kata hubbun (cinta). Habib bermakna al-Mahbub (yang dicintai, kekasih), jamaknya (plural) ahbab, ahibba’, dan ahibbah. Sedangkan jamak dari muannast (pr) habibat dan habaib. (dalam Mu’jam Ma’abi).

Dalam beberapa pendapat, asal kata hubb (kata asal dari Habib) adalah berasal dari kata habbah (biji-bijian) benih tanaman yang berasal dari gurun (Budzur As-Shahra’), hub disebut hub (cinta), karena ia isensi kehidupan seperti benih untuk tanaman.  Dalam narasi lain, kata hubb berasal dari kata hubab (حباب). Hubab adalah gelembung air, atau air yang menguap ketika hujan deras.  Artinya hati yang berdenyut kencang karena kerinduan yang mendalam untuk bertemu orang yang dicintai (hubab).

Habib dalam Ar-Rashef adalah adalah orang yang paling dekat dengan hati (qQalb) yang istimewa dalam hati seseorang.  Kata ini diungkapkan tidak hanya pada suami, istri, anak, teman, kerabat tetapi orang lain yang sangat dekat dengan hatinya dapat disebut habib. Kata ini terkadang digunakan sebagai nama seorang laki (alam mudzakkar) dengan wazan Sifat Musyabbahah dari kata asal al-hubb (masdar) dalam bentuk komposit seperti “Habib al-Rahman” “Habibullah“, “Habib al-Din ”.

Kedekatan dengan hati, keistimewaan dalam diri seseorang adalah kunci dari kata ini. Kata habiban bukan ditujukan kepada dua kekasih, tetapi kata ini adalah sebutan untuk emas dan perak, karena kedua sangat dekat dengan manusia.

Yang istimewa dalam kata ini, antara mudzakkar (laki-laki) dan muannast (perempuan)  menggunakan kata yang sama; Habib ( حبيب) hanya saja untuk dibedakan dengan laki-laki ditambah Ta’ Muannastah (Habaibah). Silahkan merujuk pada Mu’jam Ma’ani dan beberapa kamus Arab lainnya.

Dalam penulisan nama sesuai dengan ejaan pada setiap negara, seperti; Khabib, Habib, Habeb, dan lain sebagainya.*/Halimi Zuhdy, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang

Rep: Admin Hidcom

Editor: Insan Kamil

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Rumah Wakaf

Rumah Wakaf